Rubrik Penilaian Kurikulum 2013

Satuan Pendidikan      : SMA

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/Semester            : X (sepuluh) / 1 (satu)

Materi Pokok              : Jamur

  1. Komptensi Inti

KI 1           :Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2           :Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsive dan proaktif serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam semesta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3           :Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI4            :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunkan metode sesuai kaidah keilmuan.

 

  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

 

1.1 Mengagumi, menjaga, melestarikan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang ruang lingkup, objek dan permasalahan Biologi menurut agama yang dianutnya

 

 

2.1 Berprilaku ilmiah (jujur, disipli, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive dan proaktif dalam melakukan percobaan dan diskusi didalam kelas maupun diluar kelas.

 

 

3.3 Mengelompokkan jenis-jenis jamur berdasarkan ciri-ciri dan perannya bagi kehidupan melalui percobaan.

 

3.6.1 Menyebutkan ciri-ciri umum jamur

3.6.2 Menjelaskan ciri-ciri umum tiap divisi pada kingdom Fungi

3.6.3 Mengumpulkan data contoh jamur dan perannnya bagi  kehidupan.

 

4.7   Mengamati berbagai jenis jamur melalui pengamatan langsung atau gambar dan mengelompokkannnya berdasarkan ciri atau peranannya bagi kehidupan

4.7.1 melakukan pengamatan langsung berbagai jenis jamur

4.7.2 membuat laporan tertulis  hasil pengamatan jenis-jenis jamur di lingkungan sekitar disertai gambar atau foto.

4.7.3 menyajikan data contoh peran jamur bagi kehidupan baik  yang menguntungkan maupun merugikan dalam bentuk tabel

 

  1. Penilaian

 

  1. Penilaian Sikap Spiritual

–          Teknik Penilaian    : Non Tes

–          Bentuk Instrumen: Lembar Observasi

INSTRUMEN PENILAIAN SPIRITUAL

Petunjuk :

Lembar ini diisi oleh guru untuk menilai sikap peserta didik. Berilah tanda cek (Ö) pada kolom skor sesuai dengan sikap spiritual yang ditunjukkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :

1          : Kurang, apabila peserta didik tidak pernah melakukan

2          : Cukup, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan

3          : Baik, apabila peserta didik sering melakukan

4          : Sangat baik, apabila peserta didik selalu melakukan

No

Aspek yang dinilai

Penilaian Skor

Keterangan

1

2

3

4

 

Mengucapkan salam ketika memasuki ruang kelas

 

 

 

 

 

 

Membaca doa sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran

 

 

 

 

 

 

Meningkatkan rasa syukur kepada Tuhan atas ilmu pengetahuan yang telah diberikan

 

 

 

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN SPIRITUAL

No

Aspek Spiritual

Deskripsi penilaian sikap spiritual

Keterangan

1

2

3

4

 

Mengucapkan salam ketika memasuki ruang kelas

Siswa tidak mengucapkan salam

Siswa jarang mengucapkan salam

Siswa mengucapkan salam tidak sepenuh hati

Siswa selalu mengucapkan salam dengan sepenuh hati

 

 

Membaca doa sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran

Siswa tidak membaca doa sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran

Siswa jarang membaca doa sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran

Siswa membaca hanya sebelum atau sesudah melaksanakan pembelajaran

Siswa membaca doa sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran

 

 

Meningkatkan rasa syukur kepada Tuhan atas ilmu pengetahuan yang telah diberikan

Siswa tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran

Siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran

Siswa cukup antusias dalam mengikuti pembelajaran

Siswa sangat  antusias dalam mengikuti pembelajarn

 

 

  1. Penilaian Sikap Sosial

–          Teknik Penilaian    : Non Tes

–          Bentuk Instrumen: Lembar Observasi

INSTRUMEN PENILAIAN SOSIAL

Petunjuk:

Lembar ini diisi oleh guru untuk menilai sikap peserta didik. Berilah tanda cek (Ö) pada kolom skor sesuai dengan sikap social yang ditunjukkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :

1    : Kurang, apabila peserta didik tidak pernah melakukan

2    : Cukup, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan

3    : Baik, apabila peserta didik sering melakukan

4    : Sangat baik, apabila peserta didik selalu melakukan

No

Nama Siswa

Indikator Sikap

Jumlah skor

Ketekunan Belajar

Kedisiplinan

Kerjasama

Hormat pada guru

Kejujuran

Tanggung jawab

Nilai rata-rata

 

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN SPIRITUAL

 

No

Aspek Sosial

Deskripsi penilaian sikap sosial

Keterangan

4

3

2

1

 

Ketekunan belajar

Siswa tekun dan rajin dalam belajar

Siswa tekun tapi tidak rajin dalam belajar

Siswa kurang tekun dan rajin dalam belajar

Siswa tidak tekun dan tidak rajin dalam belajar

 

 

Kedisiplinan

Siswa mentaati semua peraturan sekolah tanpa disuruh oleh guru

Siswa mentaati semua peraturan sekolah dan harus disuruh oleh guru

Siswa kurang mentaati peraturan sekolah dan harus disuruh oleh guru

Siswa tidak mentaati semua peraturan sekolah dan  harus disuruh oleh guru

 

 

Kerja sama

Siswa mampu bekerja sama dengan baik dan aktif dalam kelompok

Siswa mampu bekerja sama dengan baik dalam kelompok namun kurang aktif

Siswa kurang mampu bekerjasama dengan baik dalam kelompok dan tidak akktif

Siswa tidak mampu bekerjasama dengan baik dalam kelompok dan tidak aktif

 

 

Hormat kepada guru

Siswa menghormati guru di dalam dan di luar kelas

Siswa menghormati guru hanya di dalam kelas

Surang kurang menghormati guru baik di dalam maupun diluar kelas

Siswa tidak menghormati guru baik di dalam maupun diluar kelas

 

 

Kejujuran

Siswa selalu bersikap jujur tanpa diawasi guru

Siswa selalu bersikap jujur dengan pengawasan guru

Siswa kurang jujur walau dalam pengawasan guru

Siswa tidak jujur

 

 

Tanggung jawab

Siswa selalu bertanggung jawab dengan semua tugas yang menjadi kewajibannya tanpa pengawasan.

Siswa selalu bertanggung jawab dengan semua tugas yang menjadi kewajibannya dengan pengawasan dari guru.

Siswa kadang-kadang bertanggung jawab dengan tugas yang menjadi kewajibannya walau dalam pengawasan guru.

Siswa tidak bertanggung jawab dengan tugas yang menjadi kewajibannya

 

 

 

INSTRUMEN  PENILAIAN PSIKOMOTOR

Berilah tanda check list (V) pada pilihan 1, 2, atau 3 berdasarkan pekerjaan siswa dalam praktikum!

 

NO

ASPEK YANG DINILAI

PENILAIAN

1

2

3

1

Kelengkapan  bahan  praktikum yang dibawa

 

 

 

2

Menggunakan alat dan bahan praktikum dengan benar

 

 

 

3

Pengamatan struktur jamur pada saat  praktikum

 

 

 

4

Data yang diperoleh dari hasil pengamatan jamur

 

 

 

5

Menyimpulkan hasil praktikum

 

 

 

Keterangan :

                          1.      : kurang

                          2.      : cukup

                          3.      : baik

 

RUBRIK PENILAIAN PSIKOMOTOR

 

No

ASPEK YANG DINILAI

PENILAIAN

1

2

3

1

Kelengkapan bahan praktikum yang dibawa

Tidak membawa bahan praktikum

Membawa bahan tetapi tidak lengkap

Membawa bahan praktikum lengkap

2

Menggunakan alat dan bahan praktikum

Menggunakan alat dan bahan praktikum tidak sesuai prosedur

Menggunakan alat dan bahan praktikum kurang sesuai dengan prosedur

Menggunakan alat dan bahan praktikum sesuai dengan prosedur

3

Pengamatan struktur jamur pada saat praktikum

Pengamatan tidak cermat

Pengamatan cermat tetapi tidak mendukung interpretasi

Pengamatan cermat  mendukung interpretasi

4

Data yang diperoleh dari praktikum

Data tidak lengkap

Data lengkap, tetapi tidak terorganisir atau ada yang salah tulis

Data lengkap, terorganisir, dan ditulis dengan benar

5

Menyimpulkan hasil praktikum

Tidak benar atau tidak sesuai tujuan

Sebagian kesimpulan ada yang salah atau tidaK Sesuai tujuan

Semua benar atau sesuai tujuan

 

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s