sudah bisa kah?

Senang adalah rasa yg pertama gua rasain. Saat dia begitu welcome terhadap gua, perhatiaan, dan yang pasti bikin gua nyaman banget…

Ntah mengapa rasa ingin memiliki semakin besar, rasa ingin menjaga, ingin berbagi dalam segala hal..

Lucu tapi ini nyata, rasa ingin begitu menyiksa di setiap hari.. salah satu kelemahan gua adalah gak bisa slow down, selalu aja gragasan.. dan hal itu pengen gua ubah.. gua simpen rapet hubungan gua ama dia, kcuali memang pada orang yg gua percaya..

so, mereka sepertinya welcome banget ama dia, dan makin yakinin gua buat dapetin dia. Ini aneh sih, soalnya dr cewe yg pernah gua deketin, cma dia yg seluruh sahabat gua setujui.. padahal sahabat gua orang yg kritis di segala bidang.. ada yg bilang dia baik, cantik, ramah, dll.. so, gua juga selalu mikir gitu.

Hari hari berlngsung dengan begitu saja, diisi dengan cerita dia dan gua, dan gua baru tau kalau temen seklasnya yg gua knl baik ternyata adalah orang yg pernah dekat dengan dia, tp dia bilang hnya sekedar dekat dan ga lebih

Bodohnya gua yg ga sabaran, gua tanya mau ga dia ama gua.. jeng jeng jeng.. *suasana horor* “maaf kak aku belom bisa”, oke gua jleb. “Belum bisa bukan berarti gak kak, waktunya belum tepat, aku masih takut, aku masih trauma sama,mantan aku “. Oke gua mulai diam sejenak..

“Tapi aku gak mau kakak jauh,” dia mncoba meyakinkan ku.. nah sifat gua kalau diberi tantangan kayak gini bukan nyerah tapi makin semangat. Oke hari berikutnya gua ama dia mkin deket, dia mulai lbih deket lagi ke gua.

sampailah gua pada saat gua bener bener kwatir sama dia, dia ga ngasih kbar disaat dia pergi sendrian disaat yang gua rasa agak riskan. Gua biasa awalnya, tp ini aneh, lewat tengah mlem masih gada kabar. Ini gua panik beneran, disaat pnik, adalah bbm ade kelas gua yg bilang dia baek2 aje. So gua lega sebenarnya, tp cmburu juga gara gara bbm gua ga di read tapi bbm orang laen di read. Oke gua pikir mmng gua ga pnting buat dia .

Sejenak diam,dan gua coba hubungin dia. Ternyata dia bles dan bilang bbm nya kagak deliv. Yah gua jawab seadanya.. ternyata dia sedih gara2 gua gituin. So, namanya cewe walaupun gua kesel yah tetep gua yg minta maaf.

Percakapan lebih dalem malam itu,dan gua coba lagi dan jawabannya masih belum bisa.. apa yang gua rasakan? Anjir sakit cuy, tapi keep cool aja. Yah jiwa kepo gua kluar, dan memang masih belum move on, dan kalian tau kenapa? Cowoknya super banget ternyata. Gua lngsung jiper..

*badan gua mulai panas* dia sedang asik nulis curhatannya, kepala gua tiba tiba pusing dan well *nyossss… * kelurlah caitan merah dari hidung di kegelapan malam. Dan ini ngancurin semuanya, salah gua juga sih apa apa update di pm. Dia nnya dan mulai kwatir, gua bilang gpp, tp dia maksa nyuruh istirahat, gua juga maksa pengen dengerin cerita dia , bukan apa.. nanggung cuy

dan baru kali itu gua ngerasa istimewa banget, dr cara dia nyuruh gua istirahat, maksa dan ga mau lanjutin.. gua tau dia care banget ama gua.. yah tapi dia salah gua tetap ga tidur ampe pagi.. bukan karena ga mau dengerin dia, tapi karena gua udah ga bisa tidur lagi, soalnya bentar lagi subuh ternyata, dan mata gua nolak buat terpejam lagi..

seenggaknya gua tau,gua udah sedikit dapet ruang kecil dari ruang besar yang dikuasai mantannya itu. Tapi gua minder aslj baru denger setengah ceritanya padahal.

so..kapan kamu bisa?

Kapan kamu bisa memulai yang baru?

Aku tak bisa janjikan membuat mu selalu bahagia, tapi aku hanya bisa melakukan yg terbaik yg aku bisa..

Walau Badai Tiada Berakhir

Daun-daun berguguran tanpa ampunan
Ranting-ranting meranggas dengan marah
Pohon menerpah badai dengan malu
Akar menyeruak melawan gravitasi

Angin berseringai dengan kejam
Matahari membakar dengan semburan
Air menerpa dengan dasyat
Tanah pun memanas..

Rumah-rumah berserakan
manusia luntang lantung..
Dingin seolah menyeruak
Panas menjadi lemah..

Badai belum berakhir..
Kekurangan..
Kehampaan..
Ketimpangan..
Semuanya masih terjadi..

Tapi belum terlambat..
Ini belum berakhir..
Masih ada sedikit asa memperbaiki..
Semuanya harus dimulai..
Dimulai dari satu titik..
Titik terkecil di dada seorang insan..
Nurani..
Semuanya harus dimulai dari nurani..
iya harus mulai merenda kembali benang yang kusut..
Semuanya dimulai dari kita..

Format Penilaian Kinerja Praktikum

Format Penilaian Kinerja Praktikum Siswa

Nama          :                                                         Kelompok   :

No Absen    :

No

Aspek

Katergori Penilaian

Skor

5

4

3

2

1

1

 

Persiapan Praktikum

1.1 Menggunakan Perlengkapan Praktikum

 

 

 

 

 

  1. Memakai  Jas Lab

 

 

 

 

 

  1. Memakai Celana Praktikum

 

 

 

 

 

  1.  Memakai sepatu praktikum

 

 

 

 

 

 

1.2 Mengindentifikasikan dan memilih alat dengan tepat

 

 

 

 

 

  1. Mikroskop Cahaya

 

 

 

 

 

  1. Pipet tetes

 

 

 

 

 

  1. Silet/cutter

 

 

 

 

 

  1. Cover glass

 

 

 

 

 

  1. Objek glass

 

 

 

 

 

  1. Pinset

 

 

 

 

 

 

 

Pelaksanaan Praktikum

2.1 Mempersiapkan sampel untuk pengamatan.

 

 

 

 

 

  1. Membersihkan daun Rhoeo discolor

 

 

 

 

 

  1. Menyayat  tipis bagian bawah daun Rhoeo discolor

 

 

 

 

 

  1. Mengambil daun Rhoeo discolor yang telah disayat dengan pinset

 

 

 

 

 

  1. Menaruh sayatan daun diatas object glass

 

 

 

 

 

  1. Menetesi sayatan dengan air menggunakan pipet tetes.

 

 

 

 

 

  1. Menutup sayatan dengan cover glass dengan kemiringan 45 derajat.

 

 

 

 

 

  1. Sampel yang akan diamati bebas gelembung udara.

 

 

 

 

 

2.2 Mengamati preparat basah

 

 

 

 

 

  1. Meletakkan preparat dimeja mikroskop

 

 

 

 

 

  1. Mencari perbesaran yang tepat untuk pengamatan.

 

 

 

 

 

  1. Mendapatkan perbesaran yang tepat sehingga objek teramati dengan jelas.

 

 

 

 

 

 

Kegiatan Akhir Praktikum

3.1 Penggunaan Waktu

 

 

 

 

 

  1. Menyelesaikan praktikum tiap waktu.

 

 

 

 

 

  1. Tidak melakukan kegiatan diluar praktikum

 

 

 

 

 

  1. Menggunakan waktu praktikum secara efektif.

 

 

 

 

 

3.2 Kegiatan Akhir

 

 

 

 

 

  1. Membereskan kembali alat dan bahan praktikum.

 

 

 

 

 

  1. Mengembalikan lagi lat praktikum serta menuliskan di buku pengembalian alat.

 

 

 

 

 

 Skor Akhir

 

Nilai                                        

 

 

 

Oleh    : Hariyanto

NIM    : 1111016100018

LKS Jamur ( Guided Inquiry)

LEMBAR KERJA SISWA PRAKTIKUM BIOLOGI (Guided Inquiry)

                                                                JAMUR (FUNGI)

 

1. TUJUAN PRAKTIKUM

1. Mengamati morfologi jamur mikroskopis dan makroskopi

2. Mengelompokkan berbagai jenis jamur berdasarkan ciri- cirinya dan peranannya.

 

  1.       DASAR TEORI

 Jamur (Fungi) merupakan organisme bersel satu dan bersel banyak. Jamur merupakan organisme eukariotik, tidak berklorofil dan dinding selnya tersusun atas kitin. Karena sifat-sifatnya tersebut sehingga jamur dipisahkan dari Kingdom Protista dan membentuk Kingdom tersendiri yaitu Kingdom Fungi. Karena tidak berklorofil maka jamur hidup secara heterotrof yaitu menguraikan bahan-bahan organik yang ada di lingkungannya. Umumnya jamur hidup secara saprofit yaitu menguraikan sampah-sampah organik seperti bangkai, sisa tumbuhan, makanan dan kayu lapuk menjadi bahan anorganik. Jamur dengan sifat ini berperan sebagai dekomposer (pengurai) sehingga bumi terhindar dari tumpukan sampah materi organik. Adapula yang hidup parasit yaitu mendapatkan bahan organik dari inangnya dan bersimbion membentuk lichen (lumut kerak).

Beberapa jamur makroskopis struktur tubuh terdiri atas tudung dan badan buah, sedangkan pada jamur yang mikroskopis struktur tubuh umumnya memiliki sporangium, sporangiosfor, rizoid dan stolon.

 

 

 

  1.       RUMUSAN MASALAH

 

1

 

2

 

 

 

  1.      HIPOTESIS

 

1

 

2

 

 

 

E. ALAT DAN BAHAN

 

  1. Mikroskop cahaya
  2. Cover glass
  3. Objek glass
  4. Tusuk gigi
  5. Aquades
  6. Pipet tetes
  7. Lup / kaca pembesar
  8. Silet / cutter
  9. Jamur mikroskopis
  10.  Jamur makroskopis

 

 

 

F. LANGKAH KERJA

 

  • Pengamatan Jamur Makroskopis

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

 

  • Pengamatan Jamur Mikroskopis

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

 

 

H. HASIL PENGAMATAN

 

Jamur ………

Gambar Morfologi

Keterangan

 

 

 

Jamur …..

Gambar Morfologi

Keterangan

 

 

 

Jamur ……….

Gambar Morfologi

Keterangan

 

 

 

 

 

 

 

Jamur …………

Gambar Morfologi

Keterangan

 

 

 

Jamur …………

Gambar Morfologi

Keterangan

 

 

 

Tabel Hasil Pengamatan

No

Nama Jamur

Habitat

Hal yang diamati

Pengelompokkan dalam devisi

Bentuk tubuh buah

Warna tubuh buah

Hifa

Ascomycota*)

Basidiomycota*)

Zygomycota*)

Deuteromycota*)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

*) Beri tanda (√) jika masuk dalam divisi

 

 

  1.         PEMBAHASAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1.         KESIMPULAN

 

 

 

 

Pertanyaaan- pertanyaan

 

Jamur Makroskopis

  1. Ciri-ciri apa saja yang ditemukan pada jenis jamur nomor 1,2 dst?
  2. Perbedaan apa yang dapat kamu temukan dari hasil pengamatannmu?
  3. Tuliskan peran dari jamur yang kamu amati

 

Jamur Mikroskopis

  1. Apakah ciri-ciri hifa pada jamur mikroskopis yang diamati?
  2. Perbedaan apa yang dapat kamu temukan dari hasil pengamatannmu?
  3. Tuliskan peran dari jamur yang kamu amati.

 

 

 

 

 

 

Rubrik Penilaian Kurikulum 2013

Satuan Pendidikan      : SMA

Mata Pelajaran            : Biologi

Kelas/Semester            : X (sepuluh) / 1 (satu)

Materi Pokok              : Jamur

  1. Komptensi Inti

KI 1           :Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2           :Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai) santun, responsive dan proaktif serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam semesta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3           :Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI4            :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunkan metode sesuai kaidah keilmuan.

 

  1. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

 

1.1 Mengagumi, menjaga, melestarikan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang ruang lingkup, objek dan permasalahan Biologi menurut agama yang dianutnya

 

 

2.1 Berprilaku ilmiah (jujur, disipli, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive dan proaktif dalam melakukan percobaan dan diskusi didalam kelas maupun diluar kelas.

 

 

3.3 Mengelompokkan jenis-jenis jamur berdasarkan ciri-ciri dan perannya bagi kehidupan melalui percobaan.

 

3.6.1 Menyebutkan ciri-ciri umum jamur

3.6.2 Menjelaskan ciri-ciri umum tiap divisi pada kingdom Fungi

3.6.3 Mengumpulkan data contoh jamur dan perannnya bagi  kehidupan.

 

4.7   Mengamati berbagai jenis jamur melalui pengamatan langsung atau gambar dan mengelompokkannnya berdasarkan ciri atau peranannya bagi kehidupan

4.7.1 melakukan pengamatan langsung berbagai jenis jamur

4.7.2 membuat laporan tertulis  hasil pengamatan jenis-jenis jamur di lingkungan sekitar disertai gambar atau foto.

4.7.3 menyajikan data contoh peran jamur bagi kehidupan baik  yang menguntungkan maupun merugikan dalam bentuk tabel

 

  1. Penilaian

 

  1. Penilaian Sikap Spiritual

–          Teknik Penilaian    : Non Tes

–          Bentuk Instrumen: Lembar Observasi

INSTRUMEN PENILAIAN SPIRITUAL

Petunjuk :

Lembar ini diisi oleh guru untuk menilai sikap peserta didik. Berilah tanda cek (Ö) pada kolom skor sesuai dengan sikap spiritual yang ditunjukkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :

1          : Kurang, apabila peserta didik tidak pernah melakukan

2          : Cukup, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan

3          : Baik, apabila peserta didik sering melakukan

4          : Sangat baik, apabila peserta didik selalu melakukan

No

Aspek yang dinilai

Penilaian Skor

Keterangan

1

2

3

4

 

Mengucapkan salam ketika memasuki ruang kelas

 

 

 

 

 

 

Membaca doa sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran

 

 

 

 

 

 

Meningkatkan rasa syukur kepada Tuhan atas ilmu pengetahuan yang telah diberikan

 

 

 

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN SPIRITUAL

No

Aspek Spiritual

Deskripsi penilaian sikap spiritual

Keterangan

1

2

3

4

 

Mengucapkan salam ketika memasuki ruang kelas

Siswa tidak mengucapkan salam

Siswa jarang mengucapkan salam

Siswa mengucapkan salam tidak sepenuh hati

Siswa selalu mengucapkan salam dengan sepenuh hati

 

 

Membaca doa sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran

Siswa tidak membaca doa sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran

Siswa jarang membaca doa sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran

Siswa membaca hanya sebelum atau sesudah melaksanakan pembelajaran

Siswa membaca doa sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran

 

 

Meningkatkan rasa syukur kepada Tuhan atas ilmu pengetahuan yang telah diberikan

Siswa tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran

Siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran

Siswa cukup antusias dalam mengikuti pembelajaran

Siswa sangat  antusias dalam mengikuti pembelajarn

 

 

  1. Penilaian Sikap Sosial

–          Teknik Penilaian    : Non Tes

–          Bentuk Instrumen: Lembar Observasi

INSTRUMEN PENILAIAN SOSIAL

Petunjuk:

Lembar ini diisi oleh guru untuk menilai sikap peserta didik. Berilah tanda cek (Ö) pada kolom skor sesuai dengan sikap social yang ditunjukkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :

1    : Kurang, apabila peserta didik tidak pernah melakukan

2    : Cukup, apabila peserta didik kadang-kadang melakukan

3    : Baik, apabila peserta didik sering melakukan

4    : Sangat baik, apabila peserta didik selalu melakukan

No

Nama Siswa

Indikator Sikap

Jumlah skor

Ketekunan Belajar

Kedisiplinan

Kerjasama

Hormat pada guru

Kejujuran

Tanggung jawab

Nilai rata-rata

 

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN SPIRITUAL

 

No

Aspek Sosial

Deskripsi penilaian sikap sosial

Keterangan

4

3

2

1

 

Ketekunan belajar

Siswa tekun dan rajin dalam belajar

Siswa tekun tapi tidak rajin dalam belajar

Siswa kurang tekun dan rajin dalam belajar

Siswa tidak tekun dan tidak rajin dalam belajar

 

 

Kedisiplinan

Siswa mentaati semua peraturan sekolah tanpa disuruh oleh guru

Siswa mentaati semua peraturan sekolah dan harus disuruh oleh guru

Siswa kurang mentaati peraturan sekolah dan harus disuruh oleh guru

Siswa tidak mentaati semua peraturan sekolah dan  harus disuruh oleh guru

 

 

Kerja sama

Siswa mampu bekerja sama dengan baik dan aktif dalam kelompok

Siswa mampu bekerja sama dengan baik dalam kelompok namun kurang aktif

Siswa kurang mampu bekerjasama dengan baik dalam kelompok dan tidak akktif

Siswa tidak mampu bekerjasama dengan baik dalam kelompok dan tidak aktif

 

 

Hormat kepada guru

Siswa menghormati guru di dalam dan di luar kelas

Siswa menghormati guru hanya di dalam kelas

Surang kurang menghormati guru baik di dalam maupun diluar kelas

Siswa tidak menghormati guru baik di dalam maupun diluar kelas

 

 

Kejujuran

Siswa selalu bersikap jujur tanpa diawasi guru

Siswa selalu bersikap jujur dengan pengawasan guru

Siswa kurang jujur walau dalam pengawasan guru

Siswa tidak jujur

 

 

Tanggung jawab

Siswa selalu bertanggung jawab dengan semua tugas yang menjadi kewajibannya tanpa pengawasan.

Siswa selalu bertanggung jawab dengan semua tugas yang menjadi kewajibannya dengan pengawasan dari guru.

Siswa kadang-kadang bertanggung jawab dengan tugas yang menjadi kewajibannya walau dalam pengawasan guru.

Siswa tidak bertanggung jawab dengan tugas yang menjadi kewajibannya

 

 

 

INSTRUMEN  PENILAIAN PSIKOMOTOR

Berilah tanda check list (V) pada pilihan 1, 2, atau 3 berdasarkan pekerjaan siswa dalam praktikum!

 

NO

ASPEK YANG DINILAI

PENILAIAN

1

2

3

1

Kelengkapan  bahan  praktikum yang dibawa

 

 

 

2

Menggunakan alat dan bahan praktikum dengan benar

 

 

 

3

Pengamatan struktur jamur pada saat  praktikum

 

 

 

4

Data yang diperoleh dari hasil pengamatan jamur

 

 

 

5

Menyimpulkan hasil praktikum

 

 

 

Keterangan :

                          1.      : kurang

                          2.      : cukup

                          3.      : baik

 

RUBRIK PENILAIAN PSIKOMOTOR

 

No

ASPEK YANG DINILAI

PENILAIAN

1

2

3

1

Kelengkapan bahan praktikum yang dibawa

Tidak membawa bahan praktikum

Membawa bahan tetapi tidak lengkap

Membawa bahan praktikum lengkap

2

Menggunakan alat dan bahan praktikum

Menggunakan alat dan bahan praktikum tidak sesuai prosedur

Menggunakan alat dan bahan praktikum kurang sesuai dengan prosedur

Menggunakan alat dan bahan praktikum sesuai dengan prosedur

3

Pengamatan struktur jamur pada saat praktikum

Pengamatan tidak cermat

Pengamatan cermat tetapi tidak mendukung interpretasi

Pengamatan cermat  mendukung interpretasi

4

Data yang diperoleh dari praktikum

Data tidak lengkap

Data lengkap, tetapi tidak terorganisir atau ada yang salah tulis

Data lengkap, terorganisir, dan ditulis dengan benar

5

Menyimpulkan hasil praktikum

Tidak benar atau tidak sesuai tujuan

Sebagian kesimpulan ada yang salah atau tidaK Sesuai tujuan

Semua benar atau sesuai tujuan